hey

Sabtu, 23 Februari 2013

Bahasa C

Bahasa C atau bahasa C++ adalah suatu bahasa pemrograman tingkat menengah. Maksudnya bahasa C bias dipelajari dengan lebih mudah karena mudah dimengerti tetapi mempunyai kemampuan yang tinggi. Bahasa C bisa digunakan untuk merakayasa program untuk segala kebutuhan, baik untuk aplikasi bisnia, matematis, atau bahkan games.
Semua bahasa memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Begitu juga dengan bahasa C. adapun sebagian dari bahasa C adalah sebagai berikut :
1.        Banyak memiliki operator untuk mengolah/memanipulasi data.
2.        Bahasa C termasuk bahasa yang terstruktur sehingga program dapat lebih mudah dipahami atau dikembangkan.
3.        Bahasa C lebih mudah dimengerti karena lebih mirip pada bahasa manusia.
4.        Kecepatan eksekuasi tinggi
5.        Mengenal data pointer.


Sedangkan kelemahan dari bahasa C adalah :
1.          Banyaknya operator atau cara penulisan program kadang menimbulkan kebingungan para pemakainya.
2.          Perlunya ketelitian dalam penulisan program karena perintah (statement) dalam bahasa C bersifat casesentive (huruf capital dan huruf kecil dibedakan).

Bentuknya :


#include
#include
main ()
{
     Printf(“ini program saya yang pertama\n”);
     Printf(“\nSaya belajar bahasa C\n di\n”stmik potensi utama”\nMedan.”);
     getch ();
     return 0;
}

Ket :
o    #include
Perintah tersebut digunakan untuk memanggil file header (include file) yang didalamnya terdapat perintah, fungsi atau prototype yang bisa digunakan dalam program yang dibuat. Juka perintah #include ini tidak ditulis, maka tidak mengarti perintah-perintah yang ditulis.
o    Header file
Nama file yang digunakan dalam include seperti , disebut sebagai header file karena ditempatkan dipaling atas program.
o    Extention H
Extention H berarti Header. Dalam file header ini, terdapat fungsi atau prititype yang bisa digunakan dalam program. Sebuah file header memiliki lebih dari 1 fungsi atau variable global.
File header stdio.h digunakan untuk pemrograman input/output standar seperti penulisan kelayar, ke file atau pembacaan data dari keyboard atau file.
o    Fungsi main()
Fungsi ini adalah fungsi khusus yang akan dieksekusi pertama. Setiap program harus mempunyai fungsi main (). Fungsi main() diamati dengan tanda } yang manyatakan akhir program.
o    Printf()
Adalah suatu fingsi yang digunakan untuk menulis pesan kelayar. Pesan yang ditulis dapat diapit tanda kutip. Pesan yang ditulis dapat diatur dengan mengatur format dari penulisannya. Fungsi printf() tidak hanya menulis pesan dalam 1 baris saja, tetapi bisa lebih. Untuk berpindah baris maka digunaka perintan \n yang berarti new lean (baris baru). Penulisan \n boleh ditempatkan didepan, ditengah atau diakhir. Untuk menuliskan tanda kutip (“) maka harus digunakan tanda \”.
o    Tanda ; (semi koma)
Setiap perintah harus diakhiri dengan tanda ;
Hilangnya tanda ; maka dinyatakan eror.
o    Getch()
Adalah suatu fungsi yang berfungsi untuk pembacaan data sebuah karakter. Sehingga program akan terdiam sampai pengguna menekan suatu tombol. Fungsi ini berada dalam file header conio.h. sehingga perintah #incude harus dituliskan. Kalau perintah getch tidak ditulis, maka program akan dikerjakan dengan cepat dan eksekusi tidak dapt terihat.
o    Return
Adalah perintah yang memberikan nilai kepada fungsinya. Setiap fungsi harus mempunyai nilai kembaliannya (return value).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar